Kagama Kaltim Bersinergi dengan Kagama Farmasi Samarinda Memprakarsai Pembuatan Hand Sanitizer untuk Menanggulangi Covid-19

Dalam rangka ikut menanggulangi wabah Covid-19 Kagama Kaltim bersinergi dengan Kagama Farmasi Samarinda memprakarsai pembuatan hand sanitizer. Produksinya dilakukan di Laboratorium Farmasetika dan Teknologi Farmasi milik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) yang berlokasi di Jln. AW. Syahrani Samarinda. Sekedar info lembaga pendidikan tersebut didirikan oleh warga Kagama Samarinda.

Hari Senin (06/04/2020) pagi Walikota Samarinda H. Syaharie Jaang SH, MSi berkenan melihat langsung proses pembuatan hand sanitizer, didampingi oleh Kadis Perindustrian Muhammad Faisal dan Plt. Kepala BPBD Hendra, “Sengaja saya hari ini meninjau langsung dan mau mengetahui proses pembuatan hand sanitizer (HS) dan disinfektan yang benar dan baik sesuai standar kaidah farmasi.” ucap Jaang.

Dengan seksama semua memperhatikan proses pembuatan yang langsung dibuat oleh Direktur STIKES Samarinda Apt. Supomo, MSi yang didampingi Apt. Eka Siswanto Syamsul M, Sc. (alumnus Farmasi UGM) yang juga ketua IAI kota Samarinda, dengan bahan etanol 95%, gliserol, hidrogenperoksida dan pewangi. “Saya himbau swasta dan perbankan untuk menggalang kekuatan & berpartisipasi mengatasi covid-19 ini. Jika ingin membantu hand sanitizer atau disenfektan diusahakan dengan produk yang baik & standar. Apabila kesulitan di pasaran karena terjadi kelangkaan, kita di Samarinda juga mampu memproduksi. Nah salah satunya ya di STIKES ini.” ujar Jaang bersemangat.

Sementara itu Direktur STIKES Supomo menjelaskan bahwa mereka sudah memproduksi banyak sekali HS ini sebagai kegiatan sosial maupun beberapa instansi dan organisasi, bukan untuk diperjual belikan. “Kami siap membantu Pemkot Samarinda dan membantu siapa saja yang memang ingin membuat untuk kepentingan sosial di saat wabah covid-19 ini, Insya Allah dengan bahan yang baik dan cara yang benar. Inilah peran partisipasi kami dari akademisi” kata Supomo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*